Selasa, 10 April 2012

Gambaran Neraka menurut Al Quran

Gambaran Neraka menurut Al Quran

Rasanya tidak pantas jika kita yang telah dewasa,mengaku muslim masih ditakut-takuti dengan gambaran neraka hanya supaya taat ibadah. Namun kenyataanya masih banyak orang yang lupa bahwa kita pasti akan merasakan tinggal di neraka,ada yang sebentar ada yang lama itu bedanya.. Mengapa kita takut membicarakan keadaan neraka saat ini tapi tidak takut bermaksiat di hadapan Allah?
Berikut ini adalah penggalan penggalan ayat yang menceritakan kondisi neraka dalam Al Quran.
..Dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya.
surat 2:206

Karena sesungguhnya pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat dan neraka yang menyala-nyala.
surat 73:12

Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih),
surat 11:106

(Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka): “Rasakanlah sentuhan api neraka!”
surat 54:48

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
surat 4:56

Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin.
surat 38:57

Dan tinggalkan lah orang-orang yang menjadikan agama[485] mereka sebagai main-main dan senda gurau[486], dan mereka telah ditipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Quran itu agar masing-masing diri tidak dijerumuskan ke dalam neraka, karena perbuatannya sendiri. Tidak akan ada baginya pelindung dan tidak pula pemberi syafa’at[487] selain daripada Allah. Dan jika ia menebus dengan segala macam tebusanpun, niscaya tidak akan diterima itu daripadanya. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan ke dalam neraka. Bagi mereka (disediakan) minuman dari air yang sedang mendidih dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka dahulu.
surat 6:70

Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka.
surat 22:19

Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak
surat 67:7

Apabila neraka itu melihat[1056] mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya.
surat 25:12

Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana.
surat 77:32

Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak
surat 70:15

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
surat 66:6

Dan barangsiapa yang ditunjuki Allah, dialah yang mendapat petunjuk dan barangsiapa yang Dia sesatkan maka sekali-kali kamu tidak akan mendapat penolong-penolong bagi mereka selain dari Dia. Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak. Tempat kediaman mereka adalah neraka jahannam. Tiap-tiap kali nyala api Jahannam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya.
surat 17:97

Ini adalah sebagian kondisi Neraka yang dituliskan dalam alquran, masih banyak lagi ungkapan kondisi neraka, baik dalam al quran ataupun hadist dan itu adalah kebenaran dari kitab Allah. kita tidak bisa menyangkal karena tidak pernah berkunjung ke neraka.
Saya tidak bermaksud menakut nakuti anda dengan kondisi neraka, tetapi saya ingin menunjukkan skaligus mengingatkan kita semua, kalo belum pernah melihat neraka, kira kira seperti ayat ayat diataslah kondisi neraka yang sebenarnya.

Saya tidak bisa membayangkan kondisi kehidupan di neraka, kita sebagai manusia yang diberi kelebihan indera perasa terasa amat cengeng, kenapa? kita sedikit aja tersulut api atau rokok, udah berteriak seakan dunia akan runtuh, apalagi kalo terkena knalpot yang mana itu adalah buatan manusia dan panasnya hanya sekitar beberapa derajat celcius, kita udah berteriak sekuat tenaga.Lantas apa sanggup kita berdiam di dalam Neraka? Jika tidak mari mulai sekarang senantiasa menjaga perbuatan dan hati kita tetap lurus di jalanNya, mencari ridhoNya supaya selamat kelak di akherat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar